Hari ini Top Up DANA dan OVO Gagal Error, Rekening Bank Terpotong tapi Saldo Aplikasi Tidak Bertambah, Tidak Masuk - Zona Rantau

Zona Rantau

Zona Informasi Persembahan Perantau.. Jangan Sungkan untuk Klik Iklan jika Anda Tertarik.

Monday, 6 May 2019

Hari ini Top Up DANA dan OVO Gagal Error, Rekening Bank Terpotong tapi Saldo Aplikasi Tidak Bertambah, Tidak Masuk

ZonaRantau.com, Indonesia - Tidak bisa dipungkiri bahwa akhir-akhir ini memang lagi rame-ramenya aplikasi layanan saldo uang digital, pembayaran digital, ataupun transfer uang yang mulai bermunculan satu demi satu. Aplikasi semacam DANA, OVO, Gopay, LinkAja (tCash), Flip , mulai marak dikalangan pengguna smartphone khususnya yang demen sama yang berbau online misalnya mereka yang suka transfer online, belanja online, delivery online, ojek online, taksi online, bayar tagihan online, maupun beli pulsa dan paket data secara online.

(image: finance.detik.com)
Sebetulnya masih banyak aplikasi uang digital lainnya namun  setidaknya 5 aplikasi diatas lah yang sudah pernah saya pakai dan mendukung keseharian saya.

Ini adalah pengalaman saya dimana hari ini tanggal 6 Mei 2019 saya mengalami kendala saat menggunakan aplikasi DANA dan OVO. Sejujurnya saya sangat suka dengan aplikasi Dompet Digital macam DANA maupun OVO, dalam aktivitas sehari-hari dua aplikasi ini sangat membantu. Namun dihari ini saya mengalami gagal top up saldo DANA sebesar 65.000, melalui opsi top up Tranfer Virtual Account BNI, transfer di lakukan menggunakan mobile banking BNI, saldo rekening bank sudah terpotong. Akan tetapi Saldo di Aplikasi DANA nya tidak bertambah alias uang tidak masuk.

Kalau biasanya waktu yang diperlukan isi saldo DANA maupun OVO, setelah transfer virtual account dilakukan, langsung beberapa detik kemudian dapat pemberitahuan bahwa dana sudah masuk dan saldo aplikasi sudah bertambah. Namun kali ini uangnya tidak masuk dan saldo tidak bertambah. Kemudian saya coba tunggu, saya diamkan sekitar beberapa jam siapa tau jalanan menuju DANA lagi padat merayap bin macet total. Pukul 10.15 WIB transfer dilakukan. Menunggu beberapa jam, barulah pada jam 12.17 WIB mengajukan Bantuan DANA melalui menu bantuan selanjutnya mengarah ke email. Tidak perlu menunggu lama, Pukul 13.23 WIB dijawab oleh Naif, CS dari DANA bahwa akan ditangani oleh tim terkait. Ok ditunggu hasilnya..

(update setelah sabar menunggu, akhirnya pada 12 Mei saldo DANA sudah ditambahkan, solved bro..)




Sambil menunggu..
Karena uangnya mau untuk keperluan transfer yang super duper penting, maka saya putuskan untuk transfer lagi memakai aplikasi OVO. Ok langsung saya top up 65.000 Saldo OVO melalui pilihan virtual account BNI. Transfer sudah dilakukan, saldo rekening bank sudah terdebit. Dan lagi-lagi saldo OVO tidak masuk, tidak bertambah. Lho kok sama dengan kasus pada DANA tadi? Saya belum tahu apa masalah sebenarnya. Pukul 13.03 WIB transfernya, 14.27 WIB mengirim bantuan di aplikasi OVO mengarah ke email, 14.34 WIB CS Officer OVO, Ani Wulan Sari dengan cepat memberi jawaban bahwa sedang di tindaklanjuti dan ditangani. Saatnya menunggu hasil..

(update setelah sabar menunggu, akhirnya pada 7 Mei saldo OVO sudah ditambahkan, solved bro..selisih 5 hari, kali ini OVO menang banyak.)




Sambil menunggu kedua error tadi ditangani, saya putuskan untuk mentransfer uang via aplikasi Flip. Flip ini berbeda dengan kedua aplikasi tadi. Flip bukanlah dompet digital, bukan saku digital, jadi tidak bisa top up saldo dan di endapkan disana. Flip hanyalah sebuah layanan aplikasi transfer uang digital namun dilakukan secara manual oleh tim Flip (terciptanya nomor antrean) tanpa adanya saldo mengendap di aplikasi. Disamping itu Flip juga bisa isi pulsa dan paket data, namun kembali lagi dia bersifat pertransaksi, artinya setiap transfer uang ataupun pembelian hanya bisa dibayar via transfer, tidak bisa dengan saldo Flip, Flip tidak memiliki saldo digital.

Dan.. setelah dapat nomor antrean Flip ke 200-an, menunggu sekitar 40 menit, eeh  melalui Flip ternyata malah bisa. Hal ini menunjukkan bukan mobile banking BNI (fitur transfer bank) saya yang error, karena nyatanya uang saya bisa di cek masuk oleh tim Flip. Bisa jadi Virtual Account Billing saya yang error, atau malah DANA atau OVO nya yang lagi eror top up, entahlah. Ya inilah salah satu kelebihan Flip, disaat yang lain error top up, Flip justru bisa menjadi solusi. Syukurlah transfer, Done!

Tidak tahu apa masalah sebenarnya kegagalan top up 2 aplikasi tadi baik OVO ataupun DANA yang jelas dihari sebelumnya keduanya bisa top up dengan lancar. Tapi keduanya juga tidak bisa top up secara bersamaan di hari ini.

Kasus serupa juga pernah terjadi pada User Bapak Joni pada 17 Desember 2018 silam yang mana ia menuliskan kegagalan top up saldo DANA nya sebesar 600.000 di surat terbuka detik.com (11/1/2019). Bapak Joni melakukan top up via ATM Bank Mandiri. Kabar terakhir kasus Bapak ini sudah solved, sudah ditangani dan saldo sudah masuk.


Kasus lainnya juga terjadi pada Bapak Hari Budhi Suseno yang gagal melakukan top up DANA pada 1 April 2019 melalui Mobile Banking BNI. Ia memuat kegagalan top up DANAnya melalui website mediakonsumen.com (1/5/2019). Kabar terakhir dari kasus ini sudang ditangani tim DANA dan sudah clear.


Artikel ini tidak untuk menjatuhkan beberapa pihak, melainkan hanya untuk menshare pengalaman sebagai user/ konsumen aplikasi. Agar nantinya disaat ada orang lain yang mengalami kendala atau eror yang sama ia tidak perlu bingung karena setelah baca ini ternyata bukan dia sendiri yang mengalami, selanjutnya ia bisa menemukan solusi transfer lain, jalur transfer lain seperti tadi saya menggunakan Flip sebagai solusi alternatif transfer. Disaat yang lain memang sedang ada problem.

Ok. Semoga terus maju untuk semua aplikasi layanan transfer uang dan dompet/saku digital Indonesia.

Salam,
Netizen..

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Centang "notify me" untuk notifikasi email komentar.