Sebiduk Semare, Kota Wong Kito Galo - Zona Rantau

Zona Rantau

Zona Informasi Persembahan Perantau.. Jangan Sungkan untuk Klik Iklan jika Anda Tertarik.

Tuesday, 7 November 2017

Sebiduk Semare, Kota Wong Kito Galo

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.
Temen-temen ada yang tau gak arti sebiduk semare?
Baiklah,mungkin sebagian dari temen-temen belum familiar dengan kata- kata tersebut,sebiduk semare adalah slogan dari kota yang berjuluk kota madani yaitu kota lubuklinggau yang terletak di sumatera selatan,temen-temen pasti bertanya-tanya apa sih arti dari sebiduk semare?
Baiklah pelan-pelan insyaallah saya akan mencoba menjelaskan arti sebiduk semare dan sekalian saya akan membagikan pengalaman saya sekilas di kota Lubuklinggau.
Seperti janji saya diatas saya akan membahas arti dari kata sebiduk semare terlebih dahulu, sebiduk semare berasal dari bahasa daerah yang mempuyai arti sebiduk adalah wadah sedangkan semare adalah suatu tempat pertemuan dari beberapa pemikiran, jika di gabung mempunyai arti masyarakat kota Lubuklinggau senantiasa bekerja sama dalam suatu wadah (kota)untuk mencapai suatu tujuan.

Arti Sebiduk Semare dan Wong Kito Galo Artinya
Sedangkan untuk arti Wong Kito Galo. Wong artinya Orang, Kito artinya Kita, dan Galo artinya Semua. Jadi Wong Kito Galo artinya adalah Orang Kita Semua..

Nah ini saya akan menceritakan pengalaman saya di kota Lubuklinggau.
Pada bulan agustus lalu saya berkesempatan berkunjung ketanah kelahiran saya di Lubuklinggau, ya saya lahir disini 23 tahun yang lalu, selama di kota tersebut saya berkunjung ke tempat-tempat wisata yang berada di kota tersebut, mulai dari wisata alam, wisata religi, dan wisata sejarah ,budaya, yak pertama saya berkujung ke wisata alam dulu soalnya udah kangen bisanya waktu kecil suka diajak sama bapak kesana.

1. Bukit Sulap
Terletak di jalan bengawan solo kota Lubuklinggau, bukit ini memiliki ketinggian ± 700mdpl , bukit initerkenal dengan cerita rakyatnya yang bernama bujang kurap, kuburan bujang kurap ada di atas bukit ini, menurut opini masyarakat kata sulap di gunakan karena bukit ini di liat dari mana saja bentuk sama saja.
Bukit Sulap



2. Watervang
Terletak di kelurahan watervang kota Lubuklinggau, watervang sendiri adalah bendungan peninggalan belanda yang didirikan pada tahun 1941 yang berfungsi sebagai pengatur volume air dari sungai kelingi .

Watervang


3. Air terjun temam
Terletak pada kelurahan rahma kota Lubuklinggau, menurut opini dari masyarakat air tejun ini mirip dengan air terjun niagara tapi ini versi imutnya ya hehehe.
Air Terjun Temam



4. Masjid Agung Assalam & Taman Kurma
Setelah mengunjungi wisata alam kita lanjut ini teman ke wisata religi, yak kita ke masjid agung assalam kota Lubuklinggau terletak di jalan garuda,Ps. Pemiri, Lubuklinggau, tepat di sebelah masjid terdapat taman kurma yang sangat indah. di masjid ini sering di adakan kegiatan lomba baca tulis al Qur’an dan pengajian.
Masjid Agung Assalam
Taman Kurma


5. Musium Subkos Garuda & Rumah Wanita
Berlanjut lagi kita ke wisata sejarah dan budaya, di bagian belakang taman kurma terdapat musium subkos garuda didalamnya terdapat arsip-arsip tentang pejuangan para pahlawan–pahlawan yang mengusih penjajah dari kota sebiduk semare ini, yang unik di bagian samping musium ini terdapat kereta dengan tenaga kayu terparkir disana. kemudian wisata budaya kota Lubuklinggau mempunyai rumah wanita yang di buat untuk kegiatan ibu-ibu di kota Lubuklinggau selain tempat untuk kegiatan organisasi ibu-ibu tempat ini juga bisa di kunjungi untuk wisata.
Musium Subkos Garuda


Rumah Wanita


Masyarakat kota Lubuklinggau cukup ramah contohnya saja saat saya keluar dari stasiun kereta api Lubuklinggau saya langsung di hampiri oleh tukang ojek, padahalkan gak kenal hehehen malah di tanyain mau kemana.
Ya temen –temen itu dia pengalaman singkat saya di kota Lubuklinggau, maap jika kurang lengkap karena saya menceritakan dari sudut pandang musafir, insyallah di tulisan selanjutnya saya akan menjelaskan lebih detail tentang kota Lubuklinggau dan mungkin dengan judul yang menarik dan pastinya nanti ada alasan kenapa temen-temen kudu maen ni ke kota Lubuklinggau .
Terima kasih temen-temen, teruslah membaca dan teruslah berkreasi.
Wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.

2 comments:

  1. Replies
    1. Siap Kak sama-sama Kak. Matur nuwun juga sudah berkunjung kemari.

      Delete

Centang "notify me" untuk notifikasi email komentar.