Kenapa Sudah Pasang Wifi Tapi Kok Lemot dan Lelet Sekali? Gangguan Internet Wifi - Zona Rantau

Zona Rantau

Media Informasi, Jangan Sungkan untuk Klik Iklan Jika Anda Tertarik

Monday, 17 January 2022

Kenapa Sudah Pasang Wifi Tapi Kok Lemot dan Lelet Sekali? Gangguan Internet Wifi

Sahabat wifi semarang khususnya dan sahabat wifi se Indonesia umumnya.


Mungkin ada pertanyaan dibenak anda demikian. Mas kenapa kok wifi internet punya saya lemot sekali mas? Atau kenapa ya sudah pasang wifi tapi kok lambat, lemot, dan lelet sekali?



Berikut ini penyebab/ hal-hal yang bisa membuat wifi kamu lemot:


1. FUP Tersembunyi (Unlimited Abal)


Bandwidth merupakan volume/ukuran maksimal data yang bisa ditransmisikan melalui internet yang dihitung dalam bps (bit per second). Bisa dikatakan ia adalah saluran pipa air.


Jadi semakin besar volume pipa maka laju data akan semakin cepat. Pun sebaliknya jika semakin kecil, semakin lambat.


Biasanya setiap ISP wifi memberikan batasan bandwith tertentu, yakni batas kecepatan maksimal yang akan didapat, bisa 10 mbps, 20 mbps, maupun 100 mbps. 


Nah kecepatan bandwidth ini bisa turun karena adanya FUP (Fair Usage Policy). Dibatasan tertentu, speed bandwidth diturunkan. Misal FUP 300 GB, FUP 500 GB. Setelah melewati batas 300 GB kecepatan menurun drastis bahkan bisa sampai kbps.


Loh mas, berarti wifi kita ada kuotanya dong? Betul.. Seperti paket provider seluler yang mengklaim paketnya unlimited tapi ada fup nya. Batas tertentu kecepatan diturunkan. Sama aja bukan unlimited kan.. Abal cuma kata-kata promosi kuota seluler yang menipu.


Bisa dikatakan wifi kita unlimitednya bohongan. Jangan salah, ada lho provider internet wifi yang bilang unlimited, ternyata ada batasan FUP tertentu kecepatan diturunkan, alias unlimited bodong.


Misal FUP 300 GB/bulan atau 100GB per bulan. Maka setelah mencapai 300 GB ya kecepatan kita tidak normal lagi. Turunnya bisa drastis lho, ada yang sampai turun kecepatan data 70-80%, gila kan..


Ya walaupun tidak sekecil FUP kuota provider seluler. Tetap saja adanya FUP wifi ini ngeselin. Biasanya menjelang akhir bulan atau menjelang tagihan baru kerasa tuh lemotnya. Yang pakai wifi unlimited tapi bohongan tadi.


"Jadi, agar tidak terasa lambat, lemot, dan lelet pilihlah penyedia wifi yang wifinya unlimited beneran tanpa FUP."


Karena walaupun kita membeli paket wifi yang kecepatannya besar misal 100 mbps, tetapi kalau ada fup tertentu. Kecepatan itu tiada guna. Akan terdelusi.. alias terkorupsi.. hehe.



2. Sistem Broadband Speed


Kebanyakan provider wifi sekarang ini, menjual wifi dengan sistem broadband. 


Broadband adalah sebuah sistem pembagian kecepatan internet, dimana dalam dunia wifi bisa kita ibaratkan sebuah jalan umum yang dilewati beberapa orang. Semakin banyak orang yang melewati, semakin lambat speed internetnya.


Sebelumnya kita harus tahu, idealnya 1 perangkat itu dapat jatah 5 mbps.


"Mas kecepatan internetku kok lelet banget padahal sudah beli paket wifi yang 30 mbps.."


"Pak/ Ibu.. Maaf dirumahnya ada berapa orang ya?  Semua pakai wifi tidak Pak/bu?"


"Kebetulan kita keluarga besar mas, ada 10 orang. Pakai wifi semua.. Keluarga netizen kita mah.."


"Oh pantes Bu/pak.. 30 mbps itu sistem speednya dibagi lho bu. Jadi 30 mbps dibagi 10 orang, masing-masing orang dapetnya 3 mbps."


"Oh gitu to mas, kecil juga ya kecepatannya."


"Iya bu begitu, kalau ingin lancar dan cepat ibu idealnya ambil paket wifi yang 50 mbps."


Kasus lainnya..


"Mas kecepatan internetku itu, tidak sesuai dengan paket yang aku beli!"


"Coba Bu, ibu beli yang speed berapa mbps? Dan digunain berapa perangkat?"


"10 mbps mas.. 5 perangkat sekaligus"


"Maaf bu, sistem wifi yang banyak ditawarkan sekarang ini sistemnya broadband. Alias pembagian speed. Dan idealnya 1 perangkat itu dapat jatah 5 mbps atau minimal 4 lah.. Wifi yang ibu ambil itu dipakai 3 orang sekaligus aja bu, udah mepet. Apalagi 5 orang. Ayo bu...ditambah lagi speednya, di upgrade paket wifinya"


"Walah begitu to mas..mas.. Ya sudah besok tak upgrade paketnya ke 20 mbps aja mas"


Saran gangguan internet wifi:

'Pilihlah paket dengan speed yang memadai dengan jumlah perangkat'


3. Router

Baik, penyebab yang ketiga router. Bisa jadi penyebab leletnya jaringan internet kita disebabkan routernya. 


Router adalah sebuah perangkat/alat yang memancarkan/mengirimkan data ke beberapa device atau alamat ip agar dapat terhubung ke internet. 


Nah masalahanya router ini ada daya jangkau, daya tampung perangkat, dan daya tampung speed.


Jika radius/jarak kita dari router ini terlalu jauh melewati batas daya jangkaunya ya jelas akan lemot internet perangkat kita.


Jika total perangkat yang kita gunakan melebihi batas jumlah perangkat dari router yang kita gunakan. Leletlah wifi kita..


Dan pula jika mbps paket wifi yang kita beli melebihi batas tampung speed router kita. Lambatlah internet wifi kita.


Penting kita mengetahui spesifikasi router kita. Kemudian mengambil keputusan, akan menambah, atau mengganti router kita dengan jenis atau spek yang lebih besar.



Jenis router wifi sendiri ada 2: single band dan dual band. Kalau AdA Band? Hm..


A. Router Single Band


Router jenis ini berfrekuensi 2,4 GHz. Daya tampung terbagus sampai 50 Mbps. Dengan daya jangkau jarak/radius wifi 5 meter'2. Sedangkan daya tampung device maksimal 16 perangkat.


B. Router Dual Band


Wifi router jenis dual band berfrekuensi 2,4 & 5 GHz. Jika 2,4 nya mulai terbebani berat maka otomatis berpindah ke yang 5 GHz. Untuk daya tampungnya dual band 300 mbps bahkan sampai 500 Mbps. Dengan jarak wifi maksimal radius 15 m2. Jumlah perangkat sampai 32 perangkat. 


Untuk provider wifi Myrepublic mempunyai yang namanya magic wi-fi bisa sampai 40 m2, 100 perangkat, 300 mbps.


Terbagus adalah tipe access point ac dual band bisa sampai 500 mbps seperti yang berlangganan paket BusinnessPRO 150 dan BusinnessPRO 500 di provider wifi MyRepublic.

 

4. Restart jaringan

Restart jaringan ini tergantung provider ISP wifinya. Apakah menyediakan fitur untuk restart/refresh sendiri modem ONT nya. Restart ya bukan reset pabrik. Saya tidak tahu untuk provider lain. Untuk provider MyRepublic bisa dilakukan dengan layanan bernama Maira.


5. Bantuan CS

Jika segala permasalahan dirasa kurang dimengerti maka lebih baik tanyakan ke cs dengan menghubungi via telepon, kirim tiket bantuan, ataupun datang langsung ke kantornya jika ada. Untuk Myrepublic Semarang, ada kantornya di Jalan DI. Panjaitan, Miroto, Semarang.


Jika kamu mau pasang wifi My Republic di Semarang bisa hubungi nomor wa. 085713313247


Terimakasih telah membaca. Happy wifian...

No comments:

Post a Comment

Centang "notify me" untuk notifikasi email komentar.