Cara Cek Resi Pos Kilat Khusus Bukalapak dan Resi yang Lainnya - Zona Rantau

Zona Rantau

Zona Informasi Persembahan Perantau.. Jangan Sungkan untuk Klik Iklan jika Anda Tertarik.

Monday, 4 November 2019

Cara Cek Resi Pos Kilat Khusus Bukalapak dan Resi yang Lainnya

Adakah yang masih bingung bagaimana cara cek resi POS Kilat Khusus Bukalapak? Semoga artikel ini bisa sedikit membantu ya.

Sebenernya untuk cek resi baik itu POS Indonesia, JNE, J&T, TIKI, Wahana, JET, Lion Parcel dan lain-lain pada dasarnya sama. Kita bisa melakukan cek resi dengan opsi 5 pilihan yang akan kami paparkan di bawah ini. Umumnya bisa dengan 5 cara ini, namun karena berbagai hal bisa saja ekspedisi tertentu hanya bisa 4 cara, bahkan hanya 3 cara.


5 Cara Cek Resi Jasa Pengiriman Lengkap:


  1. melalui situs resmi jasa kirim masing-masing
  2. website tracking pihak ketiga
  3. aplikasi resmi dari perusahaan ekspedisi terkait
  4. aplikasi track/lacak resi pihak ketiga
  5. toko online ataupun marketplace tempat kita membeli barang 

Baiklah langsung saja. Pertama, kita bisa melakukan pengecekan / tracking posisi paket kita melalui situs resmi jasa kirim masing-masing. JNE di jne.co.id di kolom Lacak Kiriman/ Trace & Tracking. POS Indonesia di web posindonesia.co.id di bagian Lacak Kiriman/ Tracking. J&T di jet.co.id pada kolom Trace & Track. TIKI di tiki.id kolom Cek Resi. Wahana pada web resmi mereka wahana.com di bagian Lacak Kiriman. Lion Parcel di web lionparcel.com di bagian Shipment Tracking. Lalu JET ekspress di jetexpress.co.id pada Track > Shipment. Dan ekspedisi lain juga sama pokoknya kita tau web resminya.

Yang kedua, melalui website-website tracking pihak ketiga. Semisal: cekresi.com, resi.id, resi.co.id, berdu.id/cek-resi, lalu ada juga platform cek resi dari Malaysia tracking.my (hanya beberapa saja utk perusahaan logistik yg ada di Indonesia).

Yang ketiga, kita bisa lacak melalui aplikasi resmi dari perusahaan ekspedisi yang kita gunakan. Aplikasi JNE bernama >> My JNE, J&T >> J&T Express Indonesia, TIKI >> TIKI, Lion Parcel >> Lion Parcel, Wahana >> Sahabat Wahana Beta, JET Express >> JET Express, dan jasa ekspedisi lain juga sama pokoknya kita tau app resminya. Dan download aplikasinya di Play Store atau App Store kamu ya. Oh iya untuk POS Indonesia belum ada app resminya untuk tracking resi.

Yang keempat, melalui aplikasi track/lacak resi pihak ketiga. Misalnya aplikasi yg bernama: Cek Resi dan Ongkir Kiriman, Cek Resi, Cekresi.com, Cek Resi dan Ongkos Kirim, dan aplikasi sejenis lainnya yg kompeten untuk cek resi.

Yang kelima melalui toko online ataupun marketplace tempat kita membeli barang. Misalnya kita beli barang nya di marketplace Bukalapak ya cek resinya di aplikasi atau web Bukalapak, Tokopedia ya di Tokopedia, Shopee ya di Shopee, toko online web ya di toko online web (yang punya fitur lacak resi). Biasanya letak cek resinya di bagian menu Transaksi/Pesanan/Orderan.


Cara Cek Resi POS Kilat Khusus Bukalapak


Nah jika kita posisinya sebagai pembeli di marketplace Bukalapak, cara cek resi Pos Kilat Khususnya dapat menggunakan 4 cara dari 5 cara diatas, yakni: melalui situs resmi jasa kirim masing-masing (posindonesia.co.id), website tracking pihak ketiga (cekresi.com, dll), aplikasi track/lacak resi pihak ketiga (Cek Resi, dll), toko online ataupun marketplace tempat kita membeli barang dalam hal ini Bukalapak (buka app Bukalapakmu >> login >> klik menu Transaksi >> klik bagian Pembelian >> klik transaksi yg ingin di cek >> klik Lihat Detail >> lihat Histori Pengiriman (Lihat Selengkapnya). Atau bisa juga melalui akses website di laptop / PC / browser kamu.

*) Catatan!
Pastikan resi yang kamu punya benar-benar resi pengiriman, bukan resi booking yg belum jadi resi. Contoh resi booking/otomatis:  yg depannya BL..., TP..., kode resi booking tipe ini biasanya adanya di Bukalapak, Tokopedia dengan resi otomatis dari JNE dan Pos (Pos Order Number). Biasanya kode booking baru akan berubah jadi resi yang sebenarnya setelah penjual menyerahkan paketan ke outlet ekspedisi dan sdh diupdate ke sistemnya. Hal semacam ini tidak terjadi jika kode booking/ resi otomatis sudah sepaket dengan pembayaran otomatis, seperti resi otomatis di Shopee yg sekarang. Dimana seller tdk perlu membayar ongkir lagi ke outlet jasa logistik, melainkan sudah dibayarkan oleh pihak marketplace (Shopee) ke pihak Perkuriran (J&T, JNE). 

No comments:

Post a comment

Centang "notify me" untuk notifikasi email komentar.