Deretan Tempat Jogging/ Track Jogging Favorit di Kota Solo dan Sekitarnya - Zona Rantau

Zona Rantau

Zona Informasi Persembahan Perantau.. Jangan Sungkan untuk Klik Iklan jika Anda Tertarik.

Tuesday, 10 March 2020

Deretan Tempat Jogging/ Track Jogging Favorit di Kota Solo dan Sekitarnya

Halo.. halo.. Sahabat jogging semua. Kawan-kawan yang hobinya lari. Terkhusus untuk yang berdomisili di kota Solo. Berikut ini rekomendasi beberapa tempat jogging di Solo dan sekitarnya.

1. Tempat Jogging Stadion Manahan




Inilah pilihan pertama dan utama untuk siapapun yang berencana jogging di kota Solo. Kalau ibaratnya inilah tempat joging sejuta ummatnya kota Surakarta dan sekitarnya. Atmosfernya pun sangat ramai akan manusia-manusia pencari keringat. Di kompleks Stadion Manahan ada 3 track lari yang diperbolehkan untuk umum, yakni

  • Track lari di sekeliling Stadion Utama

Biasanya para pencari keringat berlari sprint, berlari marathon, berlari tipis-tipis, berjalan cepat, ataupun kadang berlari kadang juga jalan di track aspal yang mengelilingi stadion utama Manahan Solo ini. Ingat ya, bukan track lari yg di dalam stadion yang di pinggir lapangan tempat main bola, tapi di luar stadionnnya yah. Pengennya sih jogging di track lari beneran yang warna merah bata itu, yang terasa "keset" di sepatu itu yang di depan tribun. Tapi ya gimana, di konci stadionnya.

Biasanya penulis larinya tipis-tipis tanpa putus 3-5 putaran. Pernah pas lagi bener-bener haus lari, nyampe 7 putaran. Tapi pas lagi males-malesnya, atau pas lama nggak joging ya cuma 1 putaran, biar nggak kaget. Atau juga karena takut tambah kurus hehe.


  • Track Jogging di sekeliling Stadion Kecil / Velodrome Manahan

Velodrome Manahan ini merupakan arena untuk balap sepeda dan sepatu roda. Biasanya dipakai untul latihan para atlet. Nah kita para pencari endorfin joggingnya ya di sekeliling luar velodrome ini. Untuk jarak lari pun lebih pendek karena diameter stadion ini relatif kecil jika dibandingkan diameter stadion utama.

Untuk penulis cukup 5-7 putaran sudah angkat tangan nyerah, bin ngos-ngosan. Track ini jika dibanding stadion utama, dia lebih teduh karena banyak pepohonannya.


  • Track Joging di Luar Kompleks Stadion (diluar pagar)

Nah bagi kamu yang malas masuk area stadion dan ingin mencoba sensasi berbeda. Bisa joging di luaran kompleks Stadion Manahan alias di pinggir jalan. Tetapi track satu ini kurang kami rekomendasikan, karena di samping takut tertabrak pengendara ataupun parkiran motor, juga kita bakalan kena asap motor. Serasa sayang aja kita nyari jantung sehat , paru-paru sehat, eh malah kena kebul asap.

Tapi meskipun begitu ya ada juga yang memanfaatkan space ini untuk lari. Mungkin karena malas masuk ke stadion. Ataupun karena sedang ada mantan yg joging di dalam stadion.

  • Track Kombinasi

Kamu joggingers juga bisa kok mengkombinasikan ketiga track tadi supaya tidak bosan, jika ingin menghabiskan waktu untuk jogging. Dan jika nafasnya masih kuat, tapi bisa juga jalan cepat aja. 

Jika kita joging di Manahan, di sana kita pasti banyak menemui banyak orang yang sedang olahraga. Entah itu pada joging, sepatu roda, skateboard, bersepeda, badminton, tennis, volly, basket, sepakbola, senam atau sekedar jalan-jalan atau juga duduk-duduk aja. Dari mulai anak-anak, remaja, dewasa, sampai usia senja. Dari yang ganteng sampai yang cantik-cantik.

Semuanya ada, dan tentu saja euforia inilah yang bisa membuat semangat olahraga kita semakin menyala-nyala. Semangat olahraga yang mungkin tidak kita dapatkan di tempat-tempat jogging lainnya.

2. Track Jogging Kampus Pusat UNS

Nah tempat joging yang satu ini tentu tidak asing bagi para mahasiswa, civitas akademika UNS, beserta warga Jebres, Kentingan, Jurug, Palur, dan sekitarnya.

Pilihan yang cerdas untuk berjoging ria di kampus UNS. Karena kampus ini termasuk kategori Green Kampus. Banyak pepohonan membuat aktivitas olahraga tidak panas, serta tersedianya udara bersih.

Kamu bisa mencoba track lari dengan mengelilingi lapangan depan Gedung Rektorat UNS. Atau bisa di jalur-jalur lain sepanjang dan seluas kampus UNS. Ada jalur jalanan yang datar ada juga yang naik turun yang cocok untuk kamu yang suka lari marathon atau yang suka tantangan.

3. Track Lari Lapangan 'RCTI' Gentan

Lapangan ini terletak di Jl. Mangesti, Gentan, Baki. Disini ada track lari yang mengelilingi lapangan olahraga. Pagi dan sore hari serta hari libur, biasanya ada yang berolahraga joging ataupun sepakbola. Malam harinya kadang digunakan untuk Pasar Malem. Di wilayah ini juga digunakan sebagai tempat pacuan kuda.

4. Jogging Track Lapangan Olahraga Desa Paulan

Lapangan yang bisa digunakan tempat joging ini terletak di Jl. Bambu atau Jl. Adi Sucipto, Paulan Kulon, Paulan, Colomadu. Seperti halnya Lapangan RCTI Gentan, lapangan ini juga dilengkapi track lari sederhana di sekeliling lapangan sepakbola. Kalau dari Gapura/Tugu Makuta Solo ke barat, pertigaan MSA Kargo belok kiri masuk gang.

5. Joging Track Lapangan 'Pom Bensin' Pabelan

Tempat lari kali ini berada di depan SPBU Pabelan. Dari SPBU masuk gang arah utara. Track jogging ini mungkin bisa jadi alternatif bagi mahasiswa UMS, warga Pabelan dan sekitarnya, disaat Edupark UMS Solo tidak bisa diakses karena sedang ada proyek pembangunan gedung Edutorium UMS di wilayah tersebut. Mungkin tempat ini bisa jadi solusi.

6. 'RIP' Jogging Track Edupark Ums

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Edupark tidak bisa dipakai lantaran adanya penggarapan gedung Auditorium. Tidak tau apakah nanti setelah proyek selesai, lapangan edupark beserta track larinya masih dipertahankan ataukah sudah dihilangkan. Kita tunggu saja nanti, tapi yang disayangkan adalah ditebangnya pohon-pohon yang membuat rindang saat joging dulu, pasca dimulainya proyek pembangunan.

7. Track Lari Lapangan Sekolah Pembentukan Perwira (Dekat Bandara)




Jogging track di Solo kali ini berada di sekitar Bandara Adi Soemarmo Solo. Tepatnya di depan Rescue dan Pemadam Kebakaran Bandara / Pusat Operasi Darurat Bandara. Yang terletak di jalan Cendrawasih 4.




Dulu ketika hari minggu banyak warga sekitar yang jogging disini. Ketika pagi hari atapun sore hari. Jogging tracknya adalah jalanan aspal yang mengelilingi lapangan sekolah perwira ini. Namun sekarang tidak tau apakah masih boleh di gunakan untuk jogging umum. Karena penampakan pintu gerbangnya sudah berbeda dari yang dulu. Kelihatannya yang jogging sekarang cuma 1 dua orang.




8. Track Lari Lapangan Baturan

Track lari di solo selanjutnya yakni di Lapangan Baturan. Berada di Jln Klodran Selatan, Baturan, Colomadu, Karanganyar. Track disini yakni paving yang mengelilingi lapangan baturan. Disini juga ada kursi taman untuk istirahat saat lelah jogging. Ada juga penjual jajanan di sekitar sini yang bisa dijadikan pilihan saat kelaparan habis olahraga. Akses dari jalan raya Adi Sucipto masuk gapura Fajar Indah Solo, di penghujung jalan kamu akan menemukan lapangan ini.

Manfaat jogging / lari:

  • Mengatasi stress (karena hormon endorfin akan bangkit dan kerjanya menimbulkan rasa bahagia.
  • Menyehatkan jantung.
  • Menjaga stamina.
  • Menyehatkan organ tubuh seperti kaki, tangan, dan lainnya.
Efek samping jogging:
  • Capek dan pegal-pegal pasca lari
  • Lapar habis jogging
  • Haus habis lari/jogging
  • Bikin ketagihan pengen lari lagi.


Baiklah sementara itu dulu daftar track joggingnya, tempat jogging di kota Solo tercinta. Semoga membantu yang sedang mencari track jogging, yang mau jogging pagi monggo, sore juga monggo, siang juga monggo (bakar lemak). Kalau ada yang mau menambagkan, monggo di komentar ya sobat pelarian. Salam lari, salam.. Olahraga..

No comments:

Post a comment

Centang "notify me" untuk notifikasi email komentar.